Media Player Legendaris ‘Winamp’ akan Kembali pada Tahun 2019

Winamp, pemutar musik legendaris yang mengukuhkan namanya di awal tahun 2000-an, sedang dihidupkan kembali sebagai aplikasi audio seluler yang menyatukan semua musik Anda, podcast dan layanan streaming ke dalam satu lokasi. Aplikasi desktopnya juga akan mendapatkan update resmi.

Pertama kali dirilis pada tahun 1997, Winamp adalah pemutar media freeware yang terkenal karena manfaatnya sebagai pemutar musik dan juga karena banyaknya interface theme yang tersedia. Winamp diakuisisi oleh AOL pada tahun 2002, kemudian dijual ke Radionomy pada tahun 2014. Terakhir kali Winamp diupdate adalah pada tahun 2013, jadi berita kebangkitan kembali Winamp akan segera disambut dengan antusias oleh penggemar setianya.

“Akan ada versi yang benar-benar baru tahun depan, tetap dengan segala fitur unggulan yang dimiliki Winamp namun disempurnakan agar pengalaman mendengarkan lebih lengkap,” Alexandre Saboundjian, CEO Radionomy memberitahu TechCrunch. “Anda dapat mendengarkan MP3 yang mungkin Anda miliki tidak hanya dari rumah, tetapi juga dari cloud, podcast, streaming stasiun radio, dll.” “Orang-orang menginginkan satu pengalaman,” ia menyimpulkan. “Saya pikir Winamp adalah media player yang sempurna untuk menghadirkannya ke semua orang. Dan kami ingin orang-orang memilikinya di setiap perangkat.”

Rencana utamanya adalah memperbarui Winamp versi desktop dan mobile sehingga menjadi satu pengalaman yang dapat digunakan untuk semua audio yang Anda dengarkan dari berbagai sumber. Saboundjian menolak untuk merinci layanan apa yang akan didukung oleh Winamp atau bagaimana versi baru aplikasi akan berintegrasi dengan hal-hal seperti Apple Music, Spotify, atau platform audio lainnya.

Selain dari janji untuk menyatukan semua sumber ini di bawah satu aplikasi, tidak ada banyak detail tentang bagaimana – atau layanan apa saja yang akan tersedia di Winamp yang baru. Perubahan ini bertujuan untuk memperbaiki audio pada perangkat moile, di mana pengguna masih perlu melompat masuk dan keluar dari aplikasi satu ke yang lainnya untuk menggunakan layanan yang berbeda.

“Apa yang saya lihat hari ini adalah Anda harus melompat dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya jika Anda ingin mendengarkan radio via streaming, ke aplikasi podcast jika Anda ingin mendengarkan podcast – ini, bagi saya, bukan pengalaman final, “tambah Saboundjian.

Versi 5.8 dari Winamp akan hadir minggu ini untuk memperbaiki beberapa bug dan masalah kompatibilitas, tetapi versi yang sepenuhnya baru, yaitu Winamp 6, akan dirilis sekitar tahun 2019.

Post Your Thoughts