Samsung Galaxy X : Smartphone Dengan Layar Lipat

Produksi smartphone Samsung Galaxy X dengan layar yang dapat dilipat dilaporkan telah berjalan selama bertahun-tahun. Akhirnya telah secara resmi diumumkan akan meluncur pada tahun 2018.

Dalam sebuah teleconference pada hari Rabu (31 Januari 2018), Samsung mengkonfirmasikan bahwa mereka akan mengembangkan “smartphone OLED yang bisa dilipat” yang akan diluncurkan pada 2018. Samsung tidak menyebutkan kapan perangkat tersebut bisa diluncurkan, namun memang mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan fasilitas produksi yang memungkinkan peluncuran tahun ini.

Persis seperti apa tampilan dari smartphone yang bisa dilipat sepertinya sudah menjadi bahan perdebatan untuk beberapa lama. Beberapa laporan berpendapat bahwa smartphone tersebut hanya akan bisa dilipat seperti ponsel flip clamshell tradisional. Laporan lain mengatakan bahwa handset akan memiliki layar lipat yang dapat diperluas hingga 7,3 inci saat digunakan.

Idenya adalah bahwa handset yang dapat dilipat akan menggabungkan dunia smartphone dan tablet, sambil tetap menjaga dimensinya agar cukup kecil untuk digunakan sebagai handset. Samsung telah menguji desain yang berbeda selama bertahun-tahun dan telah memungkinkan beberapa mitra mobile-nya untuk menguji beberapa konsep terbaiknya. Sementara Samsung belum mengatakan versi mana yang benar-benar akan masuk ke toko-toko, mereka mengatakan tahun lalu bahwa mereka akan merilis Galaxy X pada 2018. Sekarang tampaknya siap untuk benar-benar melakukan hal itu.

Ada juga kekhawatiran praktis bahwa Samsung perlu bekerja ekstra untuk perangkat lipat ini. Misalnya, apakah akan ada bekas lipatan di layar saat perangkat dilipat, dan apakah itu akan mengganggu? Dan ketebalan smartphone ketika dilipat akankah tetap nyaman? Lalu ada juga dari sisi perangkat lunak.

“Untuk benar-benar membuat karya ini, pengalaman perangkat lunak harus benar-benar tanpa cela dan elemen utama lainnya – seperti kualitas kamera – harus sebanding dengan smartphone andalan lainnya,” kata Avi Greengart, direktur riset untuk platform dan perangkat konsumen di GlobalData.

Selain membahas Galaxy X, Samsung menggunakan teleconference tersebut untuk membicarakan peluncuran besar berikutnya, Galaxy S9. Samsung tidak menungkapkan terlalu banyak detail, hanya mengatakan bahwa pihaknya akan mempertahankan posisinya sebagai pembuat smartphone terkemuka dengan peluncuran Galaxy S9 pada tanggal 25 Februari. Galaxy S9 diperkirakan akan ditampilkan bersandingan dengan Galaxy S9 + pada pertengahan Maret.

Post Your Thoughts