Berapa Karya Ilmiah Indonesia Bidang Ilmu Komputer?

Indonesia menempati peringkat ke 57 dari 239 negara di dunia berdasarkan jumlah artikel ilmiah yang tercantum di scimagojr.com dengan jumlah artikel sebanyak 32355 artikel untuk semua subyek. Lima besar dunianya ditempati oleh Amerika Serikat, Tiongkok, Inggris, Jerman, dan Jepang. Posisi Indonesia masih kalah dari Singapura, Malaysia, dan Vietnam yang menempati peringkat dunia 32, 36, dan 43. Lalu berapa jumlah artikel khusus untuk bidang atau subyek ilmu komputer (computer science) dan Indonesia menempati  peringkat berapa subyek ini?

Untuk peringkat lima besar dunia bidang ilmu komputer masih dikuasai oleh Amerika Serikat, Tiongkok, Jerman, Jepang, dan Inggris. Informasi artikel untuk lima besar tersebut dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Top 5 Dunia Karya Ilmiah bidang Ilmu Komputer (sumber: www.scimagojr.com)

Top 5 Dunia Karya Ilmiah bidang Ilmu Komputer (sumber: www.scimagojr.com)

Untuk bidang atau subyek ilmu komputer, Indonesia menempati peringkat 56 di dunia dengan jumlah artikel sebanyak 4384 artikel. Indonesia persis di atas atau lebih baik dari Vietnam satu tingkat. Daftar peringkat 50 sampai 60 dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Peringkat Dunia nomor 50 sampai 60 (sumber: www.scimagojr.com)

Peringkat Dunia nomor 50 sampai 60 (sumber: www.scimagojr.com)

 

Post Your Thoughts